logo

S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Universitas Setia Budhi Rangkasbitung

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Setia Budhi Rangkasbitung

"Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar adalah program akademik yang bertujuan untuk mempersiapkan calon guru dengan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang mendalam tentang pendidikan dasar. Program ini mencakup studi tentang berbagai aspek pendidikan dasar, metode pengajaran, manajemen kelas, serta teori dan praktik pendidikan khusus untuk siswa sekolah dasar. Mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip perkembangan anak dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan anak usia sekolah dasar. Mereka akan memahami kebutuhan fisik, kognitif, sosial, dan emosional siswa sekolah dasar. Program ini akan membekali mahasiswa dengan berbagai strategi pengajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar. Mereka akan mempelajari teknik pengajaran yang interaktif, kolaboratif, dan menyenangkan untuk mengoptimalkan pembelajaran. Program ini akan membahas tentang manajemen kelas yang efektif dalam konteks sekolah dasar. Mahasiswa akan mempelajari teknik manajemen kelas, pengelolaan waktu, dan pembinaan disiplin yang positif. Sebagian besar program studi akan menyertakan komponen praktek pengajaran lapangan di sekolah dasar. Ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman langsung dalam mengajar di kelas sebenarnya dan menerapkan teori yang dipelajari dalam situasi nyata. Lulusan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar memiliki peluang karir sebagai guru sekolah dasar, koordinator program pendidikan dasar, pengembang kurikulum, konsultan pendidikan, atau administrator sekolah dasar. Beberapa juga memilih untuk melanjutkan pendidikan tinggi dalam bidang pendidikan atau spesialisasi lainnya."

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) adalah bidang ilmu yang memberi bekal tentang gimana caranya jadi seorang pendidik sekaligus pengajar bagi siswa-siswi Sekolah Dasar. Kamu akan mempelajari berbagai materi pelajaran. Jadi nggak heran ya kalau mahasiswa PGSD punya wawasan yang luas? Karena kamu mempelajari banyak bidang, mulai dari Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, juga PPKn. Selain itu, kamu juga belajar cara membuat rencana pembelajaran.

Visi:

Pada Tahun 2030 menjadi program studi yang unggul dalam menghasilkan tenaga pendidik pada tingkat sekolah dasar yang bermutu, bereputasi dan berbudaya nasional di era globalisasi

Misi:

  1. Memberikan layanan pendidikan dan pembelajaran di Program Studi pendidikan guru sekolah dasar yang bermutu, bereputasi dan berbudaya nasional untuk menjawab tantangan globalisasi.
  2. Melakukan kegiatan penelitian yang menunjang pembentukan tenaga pendidikan sekolah dasar yang kompeten.
  3. Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada bidang pendidikan sekolah dasar dalam rangka menumbuhkan kepedulian sosial terhadap masyarakat dan lingkungannya.
  4. Menghasilkan tenaga pendidik sekolah dasar yang bermutu unggul dan bereputasi serta terampil menggunakan teknologi dan komunikasi sehingga mampu melakukan pengembangan ilmu keguruan dan pendidikan pada tingkat sekolah dasar.
  5. Melakukan peningkatan dan pengembangan jejaring kerjasama/kemitraan yang sinergis dan terkoordinasi dengan berbagai pihak.

Kompetensi:

  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis dan sosial.
  3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (IPA, IPS, Matematika, B. Indonesia dan PKn).
  4. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.
  5. Menguasai dan melaksanakan evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar.
  6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah dasar dan mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya dengan penuh tanggung jawab.
  7. Mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi pelaksanaan program yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahliannya.
  8. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
  9. Memiliki karakter dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik di sekolah dasar.
  10. Mampu memformulasikan penyelesaian masalah-masalah pendidikan (Peneliti).
  11. Memiliki pengetahuan dasar kewirausahaan dan kemampuan komunikasi publik (Edupreneur dan Penulis),

Capaian Pembelajaran:

Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

Pengetahuan

  1. Menguasai prinsip dan teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar.
  3. Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK.
  4. Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar.
  5. Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar.
  6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan pendidikan di sekolah dasar.
  7. Menguasai konsep dan teknik layanan bimbingan konseling di sekolah dasar.
  8. Menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, IPS, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn)
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar.
  2. Mampu menerapkan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar.
  3. Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran.
  4. dst

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

major
Ilmu Pendidikan dan Agama
Pendidikan Luar Sekolah
Saat mendengar nama jurusan ini kamu mungkin bingung karena tidak familiar. Pada dasarnya jurusan Pendidikan Luar Sekolah merupakan bidang studi yang memfokuskan pada pendidikan di luar lingkungan formal seperti sekolah dan perguruan tinggi. Pendidikan luar sekolah mencakup kegiatan pembelajaran di luar kelas, seperti pendidikan masyarakat, pelatihan keterampilan, dan berbagai bentuk pendidikan non-formal lainnya. Di jurusan ini, kamu akan belajar untuk merancang, mengelola, dan mengevaluasi program-program pendidikan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di berbagai tingkatan. Kamu akan diajarkan untuk memahami diversitas peserta didik, baik dari segi usia, latar belakang, maupun kebutuhan pendidikan mereka. Kreatif dan inovatif merupakan sifat yang dibutuhkan dalam jurusan ini. Kamu akan menerapkan teknologi, seni, dan pendekatan partisipatif dalam desain dan implementasi program-program pendidikan. Dalam pengembangan keterampilan tersebut, kamu juga diberikan pemahaman yang mendalam tentang teori-teori pendidikan, sosiologi, dan psikologi yang relevan dengan konteks pendidikan di luar sekolah. Pendidikan Luar Sekolah bukan hanya menyentuh aspek formal pembelajaran, tetapi juga mengakui nilai dan potensi pendidikan informal dalam kehidupan sehari-hari. Kamu akan menjadi fasilitator pembelajaran yang tanggap terhadap kebutuhan masyarakat yang terus berubah. Oleh karena itu, jurusan Pendidikan Luar Sekolah bukan hanya menawarkan wawasan mendalam tentang pendidikan, tetapi juga menantang mahasiswa untuk menjadi inovator dan pemimpin yang membawa perubahan positif dalam dunia pendidikan di luar batas dinding kelas formal.
major
Ilmu Pendidikan dan Agama
Pendidikan Luar Biasa
Jurusan Pendidikan Luar Biasa, seringkali disebut juga sebagai pendidikan khusus, merupakan bidang studi yang memfokuskan diri pada pembelajaran dan pengajaran bagi individu dengan kebutuhan khusus. Keberagaman kebutuhan ini melibatkan berbagai macam kondisi seperti gangguan perkembangan, ketidakmampuan belajar, hingga disabilitas fisik atau mental. Jurusan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam terhadap karakteristik dan kebutuhan unik setiap individu, sehingga para pendidik luar biasa dapat merancang strategi pembelajaran yang sesuai dan inklusif. Kamu akan diajarkan tentang berbagai metode dan teknik pengajaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik para siswa mereka. Kamu juga belajar tentang pendekatan kolaboratif dengan orang tua, terapis, dan para profesional kesehatan untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung secara menyeluruh. Pendidikan ini tidak hanya mencakup aspek akademis, tetapi juga pengembangan keterampilan sosial, emosional, dan kemandirian. Selain itu, kamu juga dipersiapkan untuk menjadi advokat bagi hak-hak individu dengan kebutuhan khusus, mempromosikan inklusivitas di masyarakat dan sistem pendidikan. Kamu diberdayakan untuk memahami pentingnya kesetaraan dalam pendidikan dan berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang ramah terhadap keberagaman. Dengan semangat penuh dedikasi, lulusan Jurusan Pendidikan Luar Biasa diharapkan mampu menjadi agen perubahan positif dalam dunia pendidikan, menyumbang pada terwujudnya masyarakat yang inklusif dan memberikan peluang belajar yang setara bagi semua individu, tanpa memandang perbedaan.

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat