
S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tentang Program Studi
Yuk, cari tahu tentang S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Setia Budhi Rangkasbitung
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) adalah bidang ilmu yang memberi bekal tentang gimana caranya jadi seorang pendidik sekaligus pengajar bagi siswa-siswi Sekolah Dasar. Kamu akan mempelajari berbagai materi pelajaran. Jadi nggak heran ya kalau mahasiswa PGSD punya wawasan yang luas? Karena kamu mempelajari banyak bidang, mulai dari Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, juga PPKn. Selain itu, kamu juga belajar cara membuat rencana pembelajaran.
Visi:
Pada Tahun 2030 menjadi program studi yang unggul dalam menghasilkan tenaga pendidik pada tingkat sekolah dasar yang bermutu, bereputasi dan berbudaya nasional di era globalisasi
Misi:
- Memberikan layanan pendidikan dan pembelajaran di Program Studi pendidikan guru sekolah dasar yang bermutu, bereputasi dan berbudaya nasional untuk menjawab tantangan globalisasi.
- Melakukan kegiatan penelitian yang menunjang pembentukan tenaga pendidikan sekolah dasar yang kompeten.
- Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada bidang pendidikan sekolah dasar dalam rangka menumbuhkan kepedulian sosial terhadap masyarakat dan lingkungannya.
- Menghasilkan tenaga pendidik sekolah dasar yang bermutu unggul dan bereputasi serta terampil menggunakan teknologi dan komunikasi sehingga mampu melakukan pengembangan ilmu keguruan dan pendidikan pada tingkat sekolah dasar.
- Melakukan peningkatan dan pengembangan jejaring kerjasama/kemitraan yang sinergis dan terkoordinasi dengan berbagai pihak.
Kompetensi:
- Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis dan sosial.
- Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (IPA, IPS, Matematika, B. Indonesia dan PKn).
- Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.
- Menguasai dan melaksanakan evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar.
- Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah dasar dan mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya dengan penuh tanggung jawab.
- Mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi pelaksanaan program yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahliannya.
- Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
- Memiliki karakter dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik di sekolah dasar.
- Mampu memformulasikan penyelesaian masalah-masalah pendidikan (Peneliti).
- Memiliki pengetahuan dasar kewirausahaan dan kemampuan komunikasi publik (Edupreneur dan Penulis),
Capaian Pembelajaran:
Sikap
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
Pengetahuan
- Menguasai prinsip dan teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar.
- Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK.
- Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar.
- Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar.
- Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai konsep dan teknik layanan bimbingan konseling di sekolah dasar.
- Menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal
Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, IPS, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn)
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
- Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Keterampilan Khusus
- Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar.
- Mampu menerapkan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar.
- Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran.
- dst
Rekomendasi Jurusan
Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati
Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id
Yuk, ikuti tesnya!